Character Building (CB) Kewarganegaraan
Nama Dosen : Dian Anggraini Kusumajati, S.Psi, (D2978)
Anggota yang hadir :
1. Nadine Saphyra (1901507446)
2. Marissa Faranizmala (1901506960)
3. Des Andersen (1901504721)
Nama Sekolah :
SDN 01 PAGI SUKABUMI SELATAN, JAKARTA BARAT
Kelas 1A
Materi pengajaran hari kedua :
1.
Mengajarkan pelafalan alphabet dalam bahasa inggris.
2.
Mengajarkan nama-nama hewan sekitar dalam bahasa inggris.
3.
Mengadakan games yang berkaitan dengan materi diatas.
Proses Belajar –
Mengajar
Pada hari Selasa
tanggal 29 Maret 2016 pukul 9.30
kami sudah ada di SDN 01 Pagi Sukabumi
Selatan. Seperti biasa kami mendatangi ruang kepala sekolah SDN 01 Pagi dan
memberi salam padanya. Kami kemudian menjelaskan materi yang akan kami ajarkan
di kelas 1A dan mendapat persetujuan dari kepala sekolah. Bu Yani mengatakan
bahwa kami mengajar dari jam 10.00-11.00. Bel kemudian berbunyi tepat pada jam
10 dan kami menuju kelas 1A. Alangkah kagetnya kami ketika disambut ceria oleh
anak-anak yang sedang bermain di luar kelas dan mereka langsung mengerubungi
kami untuk memberi salam. Kami pun menyuruh anak-anak untuk kembali masuk kelas
ketika melihat Bu Yani sedang berjalan menuju kelas.
Sebelum memulai membaca doa, kami memperkenalkan Des Andersen
pada anak-anak karena minggu lalu Des Andersen berhalangan untuk hadir sehingga
tidak dapat ikut mengajar. Kami terlebih dahulu membaca doa bersama-sama yang
dipimpin oleh ketua kelas, dan pelajaran hari ini dimulai.
Pertama-tama, kami mengajarkan cara membaca alphabet dalam bahasa inggris. Awalnya anak-anak kesulitan membaca dikarenakan perbedaan pelafalan, namun ketika kami bersama-sama menyanyikan lagu ABC Songs, anak-anak menyanyikannya dengan semangat dan pelafalan mereka jauh membaik. Kemudian, kami mengajarkan anak-anak nama-nama hewan dalam bahasa inggris. Sebelum menuliskannya di papan tulis, kami bertanya pada anak-anak hewan apa saja yang mereka ketahui dalam bahasa inggris. Dan ternyata anak-anak banyak mengetahui nama-nama hewan dalam bahasa inggris. Akhirnya kami memutuskan untuk menuliskan nama-nama hewan yang tidak mereka ketahui.
Pertama-tama, kami mengajarkan cara membaca alphabet dalam bahasa inggris. Awalnya anak-anak kesulitan membaca dikarenakan perbedaan pelafalan, namun ketika kami bersama-sama menyanyikan lagu ABC Songs, anak-anak menyanyikannya dengan semangat dan pelafalan mereka jauh membaik. Kemudian, kami mengajarkan anak-anak nama-nama hewan dalam bahasa inggris. Sebelum menuliskannya di papan tulis, kami bertanya pada anak-anak hewan apa saja yang mereka ketahui dalam bahasa inggris. Dan ternyata anak-anak banyak mengetahui nama-nama hewan dalam bahasa inggris. Akhirnya kami memutuskan untuk menuliskan nama-nama hewan yang tidak mereka ketahui.
Setelah mengajarkan cara membacanya, kami kemudian
menghapus nama-nama inggrisnya dan mengadakan kuis, siapa yang mengetahui nama
hewan ini dalam bahasa inggris harap segera bertunjuk tangan. Anak-anak sangat
antusias jika kami sudah mengadakan kuis, mereka tidak takut untuk maju ke
depan dan menulis walaupun ada kesalahan kecil yang tentu kami segera bantu.
Tanpa terasa waktu berjalan, bel istirahat pun berbunyi. Kami
yang tadinya ingin mengadakan games, memutuskan untuk melakukannya setelah
istirahat berakhir. Anak-anak senang mengetahui kami tetap mengajar setelah jam
istirahat walaupun hanya sebentar. Karena tidak tahu ingin melakukan apa, kami
bertiga memutuskan untuk tinggal di kelas dengan anak-anak lain. Kami melakukan
bonding time dan mengobrol dengan
anak-anak, menjawab pertanyaan mereka yang banyak. Kemudian ada dua anak
perempuan yang memberikan kami permen dan mengatakan terima kasih karena sudah
mengajar mereka. Kami menerimanya dengan senang hati dan menyimpan permen-permen
pemberian mereka di kantong almamater untuk dimakan nanti.
Bel berakhirnya istirahat berbunyi, anak-anak kembali ke kelas
dan memulai games tanpa Bu Yani karena beliau mengatakan ada urusan dengan
kepala sekolah. Kami membagi empat kelompok dan menjelaskan games yang akan
dimainkan. Salah satu dari kami, Marissa Faranizmala, memperagakan satu
hewan dan anak-anak harus bisa menebaknya. Sedangkan Nadine Saphyra menuliskan skor yang masing-masing kelompok peroleh. Games berjalan dengan lancar dan
penuh canda tawa, dan kelompok 2 menjadi pemenangnya. Kami memberikan dua
coklat pada kelompok anak-anak yang menang dan satu coklat untuk anak-anak lainnya.
Seperti itulah hari kedua kami mengajar siswa-siswi SDN 01 Pagi Sukabumi Selatan. Seluruh kegiatan berjalan lancar karena anak-anak sudah mengenal kami dan mereka terlihat antusias mendapat pelajaran dari kami.
Seperti itulah hari kedua kami mengajar siswa-siswi SDN 01 Pagi Sukabumi Selatan. Seluruh kegiatan berjalan lancar karena anak-anak sudah mengenal kami dan mereka terlihat antusias mendapat pelajaran dari kami.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar